Stingray City, Surganya Berenang Bersama Ikan Pari

Stingray City, Surganya Berenang Bersama Ikan 01

Bertahun-tahun lamanya, persahabatan nelayan dengan ikan-ikan pari ini semakin lengket saja. Dan tak pernah sekalipun para nelayan maupun masyarakat sekitar yang memburu keberadaan ikan pari di pantai tersebut. Hingga Stingray City akhirnya dikenal sebagai kota surganya para ikan pari.

Stingray City berada di bagian utara Grand Cayman, Negara kepulauan Cayman. Penyebab mereka bisa jinak dan tak takut berinteraksi dengan manusia, menurut cerita masyarakat setempat sudah berlangsung lama sekitar tahun 1980. Pada masa itu para nelayan sering berlabuh di bibir pantai ini hanya untuk membersihkan hasil tangkapan ikan mereka.

Stingray City, Surganya Berenang Bersama Ikan 02

Uniknya ikan dan cumi-cumi mereka menarik perhatian gerombolan ikan pari untuk mendekat. Para nelayan pun akhirnya mengerti kalau mereka sedang kelaperan, akhirnya mereka memberi makan langsung ke mulut ikan pari dari tangan mereka.

Makhluk liar, lembut, dan anggun ini berkeliaran bebas di area seluas 35 mil persegi ini dan dilindungi oleh terumbu karang. Ada sanksi hukum bagi siapapun orang yang berani berbuat jahat terhadap ikan pari. Saat yang paling tepat untuk berkunjung adalah pertengahan bulan April sampai dengan pertengahan Desember karena tarif penginapan masih low season dan pantai tidak terlalu penuh sesak untuk dikunjungi.

 

Related posts