Membuat Kebijakan Hak Cipta Efektif

Membuat Kebijakan Hak Cipta Efektif

Membuat Kebijakan Hak Cipta Efektif – Copyright saat ini menjadi hal yang banyak kali dilakuka orang awam, entah karena ketidak tahuan atas hak cipta hingga dengan sengaja menyalin ide orang lain. Menunjukkan rasa hormat terhadap hak cipta orang lain dan mengurangi risiko pelanggaran

Setiap hari karyawan berbagi konten berhak cipta satu sama lain dalam email, dalam presentasi penjualan, sebagai tanggapan kepada klien dan mitra bisnis, dan dalam banyak cara lain – itu hanya hal biasa dalam berbisnis. Namun karena terburu-buru menyelesaikan sesuatu, bahkan karyawan yang bermaksud baik mungkin tanpa sadar membagikan materi berhak cipta tanpa izin untuk melakukannya, sehingga organisasi Anda berisiko melanggar hak cipta.

Dengan mengembangkan kebijakan hak cipta perusahaan, Anda dapat memberikan pedoman yang jelas kepada karyawan seputar penggunaan materi yang diterbitkan dan menunjukkan komitmen perusahaan Anda untuk menghormati hak cipta orang lain. Berikut enam langkah untuk membantu Anda menyusun kebijakan yang memenuhi kebutuhan perusahaan Anda dan mengurangi risiko pelanggaran.

MASUKAN MASUKAN DARI AHLI HAK CIPTA
Di organisasi Anda yang mungkin memiliki saran untuk masalah yang harus ditangani dalam kebijakan Anda. Di luar layanan perpustakaan / informasi, staf hukum dan kepatuhan,
Anda dapat memperluas grup untuk menyertakan Pemasaran dan Komunikasi Korporat. Misalnya, haruskah Anda menangani subjek permintaan klien atau mitra bisnis untuk informasi? Dan bagaimana dengan panduan untuk tim Pemasaran dan Penjualan tentang penggunaan konten gambar atau video dalam materi penjualan?

MEMBERIKAN INFORMASI TENTANG HUKUM HAK CIPTA
Kolega Anda mungkin kurang memahami dasar hukum hak cipta dan bagaimana hal itu memengaruhi mereka. Berikan informasi dasar tentang undang-undang hak cipta dalam kebijakan Anda. Lihat bagian Dasar Hak Cipta di copyright.com untuk memulai. Anda juga dapat memudahkan karyawan untuk mendapatkan informasi terbaru dengan menyertakan tautan ke video Dasar-dasar Hak Cipta yang informatif dan menyenangkan dari Pusat Izin Hak Cipta.

ALAMAT MASALAH HAK CIPTA GLOBAL
Jika organisasi Anda mempekerjakan pekerja di banyak negara, berikan informasi untuk memastikan bahwa karyawan berbagi konten secara bertanggung jawab baik di dalam negeri maupun lintas batas. Undang-undang hak cipta dapat berbeda dari satu negara ke negara lain; oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk mengetahui perbedaan dalam undang-undang di mana pun staf Anda berada.

JELASKAN PROSEDUR KEPATUHAN
Termasuk siapa yang harus dihubungi karyawan dalam organisasi Anda dengan pertanyaan hak cipta. Jelaskan bagaimana karyawan dapat menentukan apakah mereka memerlukan izin hak cipta dan cara mendapatkan izin dari pemegang hak (penerbit dan penulis).

INFORMASI KARYAWAN TENTANG PENGGUNAAN MATERI BERHAK CIPTA ORGANISASI ANDA SENDIRI
Misalnya: Bagaimana seharusnya karyawan menangani masalah pekerjaan untuk disewa dengan kontraktor dan non-karyawan lain yang menghasilkan pekerjaan untuk organisasi Anda? Kapan boleh mendistribusikan materi organisasi Anda sendiri?

Baca Juga: 8 Tips Make Up Tahan Lama dan Natural

MENYARANKAN KARYAWAN TENTANG PENANGANAN PELANGGARAN YANG TEPAT
Dorong karyawan untuk melakukan hal yang benar, dan untuk mengikuti prosedur khusus saat mereka menyaksikan contoh pelanggaran hak cipta dalam organisasi Anda. Selain itu, identifikasi prosedur tentang bagaimana karyawan harus menangani pelanggaran atas karya perusahaan Anda sendiri yang mereka temukan secara online atau di pasar. Setelah Anda mengembangkan kebijakan Anda, pastikan untuk memperkenalkan panduan ini secara resmi kepada karyawan dan mengeluarkan pengingat berkala. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memasukkan kepatuhan hak cipta dalam orientasi karyawan baru Anda serta dalam pelatihan
untuk staf yang ada.

Related posts