Makanan Rendah Lemak dan Kalori

1

Makanan Rendah Lemak dan Kalori – Di dunia ini sudah banyak orang yang terkena kolestrol dan memiliki kolestrol tinggi. Mangkanya beberapa orang ingin menjaga pola makan dan makanan apa yang akan dia konsumsi setiap harinya. Berikut adalah makanan yang rendah lemak dan kalori

1. Telur

Telur adalah makanan yang rendah kalori dan lemak. Telur memiliki nutrisi yang tinggi karena kandungan proteinnya. Telur juga mengandung asam amino esensial yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan telur untuk sarapan lebih merasa kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari daripada mereka yang makan bagel.

Secara khusus, satu studi menemukan bahwa orang yang makan telur untuk sarapan menurunkan indeks massa tubuh (IMT) dan kehilangan berat badan lebih banyak daripada mereka yang makan bagel.

2. Oatmeal

Makanan rendah kalori dan lemak untuk diet berikutnya adalah oatmeal. Sereal ini cocok dikonsumsi untuk sarapan. Oatmeal mengandung serat yang tinggi dan kemampuannya untuk menyerap air. Oat adalah sumber serat larut yang baik disebut beta-glukan yang membantu memperlambar pencernaan dan penyerapan karbohidrat.

Jika dibandingkan dengan sereal sarapan cepat saji, oatmeal lebih baik dalam menekan nafsu makan, meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi asupan kalori sepanjang hari.

3. Sup

Cairan sering dianggap tidak mengenyangkan dibandingkan makanan padat. Namun beberapa penelitian menunjukkan kalau sup lebih mengisi daripada makanan padat dengan bahan yang sama.

Ketika sup dimakan pada awal waktu dalam satu studi, subjek mengonsumsi 20 persen lebih sedikit dibandingkan kalori pada saat makan itu.

4. Apel

Makanan enak yang rendah kalori dan lemak ialah apel. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan buah dapat dikaitkan dengan asupan kalori yang lebih rendah dan dapat berkontribusi terhadap penurunan berat badan dari waktu ke waktu.

Baca Juga   :5 Makanan Penurun Gula Darah Untuk Mengatasi Diabetes

Buah apel mengandung pektin, serat larut yang secara alami dapat memperlambat pencernaan dan apel membantu perut kamu terasa kenyang lebih lama. Buah ini juga mengandung 85 persen air yang memberikan volume dan meningkatkan rasa kenyang tanpa menambah kalori.

5. Ikan

Tak ketinggalan ikan juga masuk ke dalam daftar makanan yang rendah kalori dan lemak. Ikan kata akan asam lemak omega 3 yang dapat meningkatkan rasa kenyang pada orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Ikan juga sarat akan protein berkualitas tinggi yang dikenal sangat mengenyangkan.

6. Sayuran

Sayuran dikenal mengandung banyak nutrisi. Sayuran juga mengandung air dan serat. Konsumsi salad yang berisi sayuran dapat membantu memuaskan rasa lapar, terutama ketika dikonsumsi sebelum makan. Salad menjadi masakan rendah kalori dan lemak yang efektif untuk membantu turunkan berat badan.

7. Daging Tanpa Lemak

Makanan rendah kalori dan lemak yang bisa dipilih adalah daging tanpa lemak. Daging tanpa lemak tinggi protein sangat mengenyangkan. Jika tak ingin berat badan naik drastis kamu bisa mengonsumsi daging tanpa lemak dengan campuran sayuran hijau segar.

8. Kentang Rebus

Karena kandungan karbohidratnya lebih tinggi, banyak orang yang menghindari kentang. Akan tetapi kentang utuh mengandung serat, vitamin dan beberapa nutrisi penting lainnya. Jika ingin mengonsumsi kentang sebaiknya direbus jangan digoreng agar tak menambah kandungan kalori dan lemak.

Related posts