Ketahui Manfaat Pete untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Pete untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Pete untuk Kesehatan – Sebagian orang tidak menyukai pete karena memiliki bau yang sangat menyengat jika dimakan. Namun tak jarang juga yang sangat menyukai pete untuk dijadikan sebuah masakan atau lalapan saat makan.

1. Mengurangi anemia

Anemia merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah, sehingga sering mudah lelah, sakit kepala, mual serta denyut jantung berdetak tidak beraturan.

Untuk mencegahnya agar tidak semakin membahayakan tubuh, Anda dapat mengonsumsi petai yang mengandung zat besi cukup tinggi, sehingga tubuh dapat memproduksi sel darah merah yang cukup. Anemia pun dapat terhindarkan.

2. Melancarkan pencernaan

Tekstur yang lembut dengan serat cukup tinggi, menjadikan petai mudah dicerna oleh lambung, sehingga pencernaan pun lancar.

Ketika Anda mengalami sembelit pun, sebaiknya konsumsi petai untuk membantu mempermudah buang air besar lantaran serat yang terkandung dalam pete.

Mengonsumsi petai, menghindarkan Anda dari obat-obatan pencahar yang dapat menimbulkan efek berkelanjutan.

3. Meredakan mabuk

Petai juga dapat membantu menangani kondisi orang yang tengah mabuk. Caranya, dengan menjadikan petai sebagai minuman milkshake yang dicampur dengan susu dan madu.

Peta berfungsi untuk menenangkan kondisi perut yang terasa panas akibat minuman beralkohol. Madu bertugas untuk menaikkan kadar gula dalam darah, sementara susu bermanfaat untuk mengembalikan cairan dalam tubuh yang hilang.

Baca Juga :Makanan Rendah Lemak dan Kalori

4. Baik untuk ibu hamil

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dapat menyebabkan begah pada perut sehingga tidak nyaman dalam beraktivitas. Maka, gunakan petai untuk membantu mengatasi rasa begah atau panas dalam dada akibat terlalu banyak makan. Hal tersebut dikarenakan efek antasid yang dimiliki oleh petai setelah dikonsumsi. Begitu pula bagi ibu hamil yang sering muntah. Mengonsumsi petai secara rutin dapat meredakan mual pada tubuh.

5. Menangani depresi

Depresi ada lantaran tekanan dalam pikiran yang membuat tubuh tidak lagi rileks dan selalu tegang. Untuk itu, tubuh memerlukan serotonin yang berfungsi untuk merilekskan keadaan bagian tubuh yang tegang. Nah, petai memiliki zat triptofan yang dapat diubah oleh tubuh menjadi serotonin ketika Anda mengonsumsinya, sehingga depresi dapat diatasi.

6. Meningkatkan kemampuan otak

Kandungan kalium yang cukup tinggi dalam petai dapat membantu meningkatkan daya ingat anak, sehingga mudah dalam mengerjakan soal ujian.

Hal tersebut ditunjukkan pada penelitian yang terjadi di Inggris, tepatnya di Twickenham, London. Pada penelitian tersebut, sekitar 200 anak diminta untuk memakan petai tiga kali dalam sehari. Hasilnya, sewaktu ujian, anak-anak dapat mengerjakan semua soal dengan baik, dari yang mudah hingga tersulit sekalipun.

Related posts