Kantor Pusat Apple di California,Super Mewah

Kantor Pusat Apple di California,Super Mewah

anekaberita.web.id – Sebuah perusahaan teknologi raksasa rintisan Steve Jobs, Apple memiliki markas baru yang super mewah. Pembangunannya ditaksir mencapai 5 Milyar USD, atau jika dirupiahkan nilainya mencapai 68 Triliun.

Wow, angka yang fantastis! Tapi, mengingat pemiliknya adalah perusahaan sekelas Apple, dan dari segi desain serta fasilitas pun tidak sembarangan, wajar saja kalau biaya pembangunannya sefantastis itu.

Markas besar Apple ini telah resmi dibuka untuk karyawannya sejak April 2017 lalu, namun pembangunan masih terus dilakukan. Setelah pembangunannya selesai, kantor ini mampu menampung 13.000 karyawannya. “Ini akan menjadi pusat inovasi bagi generasi yang akan datang,” kata Tim Cook, CEO Apple, dilansir dari CBC News.

Berikut ini sejumlah fakta unik lainnya tentang markas mewah yang terletak di Cupertino, California, Amerika Serikat.

Baca juga : Mengenal Mike, si Ayam Tanpa Kepala

1. Terkenal dengan sebutan “The Spaceship
Kantor baru ini sebenarnya memiliki nama resmi Apple Park, sebutan the spaceship itu muncul karena bentuk desainnya yang memang mirip seperti sebuah pesawat luar angkasa.

2. Tidak tampak seperti kantor
Menurut informasi yang tercantum di Wikipedia, Steve Jobs memang menginginkan kantor yang tidak terlihat seperti kantor, tapi lebih mirip cagar alam. Alhasil sebanyak 80% dari total luas 71 hektar merupakan ruang terbuka.

3. Didominasi ruang terbuka
Dari total luas 71 hektar, luas bangunan yang berbentuk bundar dan dibilang mirip pesawat luar angkasa tersebut hanya sekitar 260.000 meter persegi. Sementara bagian tengahnya dibiarkan jadi ruang terbuka yang diisi dengan pohon buah-buahan dan kolam buatan.

4. Merupakan salah satu bangunan paling hemat energi di dunia
Seluruh kompleks Apple Park didesain untuk menggunakan energi terbarukan, atapnya disusun dari panel surya yang mampu menutupi sebagian besar kebutuhan listrik di sana pada jam-jam sibuk. Air yang mengalir di seluruh penjuru tempat ini juga merupakan hasil penyulingan.

5. Fasilitas lengkap
Soal fasilitas jangan diragukan lagi istimewanya. “The Spaceship” punya kafe tiga lantai, auditoriun besar di bawah tanah bernama Steve Jobs Theater yang memiliki 1000 kursi penonton, pusat kesehatan, fasilitas research and development, pusat transportasi, area parkir yang mampu mengakomodasi kendaraan seluruh karyawan, dan jalur sepeda.

6. Menyajikan buah-buahan hasil panen sendiri
Pohon buah-buahan yang ditanam di area tengah The Spaceship itu akan disajikan di kafe-kafe yang terdapat di sana.

Co-founder Apple, Steve Wozniak, dilansir dari Telegraph mengatakan desain taman hijau ini sejalan dengan nilai yang selalu dijunjung Steve Jobs; beauty and simplicity.

Menariknya lagi, tempat ini tak hanya diperuntukkan bagi karyawan Apple, masyarakan umum pun boleh mengunjunginya, lho. Ada area khusus pengunjung yang dilengkapi dengan Apple Centre dan kafe. So, gimana pendapat kamu? Tertarik berkunjung?

Related posts