Fakta Menarik Mengenai Pluto

Fakta Menarik Mengenai Pluto

Anekaberita.web.id – Pluto terletak sangat jauh dari bumi yang kita huni. Dulunya Pluto adalah sebuah planet yang termasuk dalam tata surya. Namun karena jaraknya yang sangat jauh dan ukurannya yang kecil, Pluto tak lagi dimasukkan sebagai bagian dari planet yang mengorbit di dalam tata surya. Namun, Pluto ini memiliki fakta yang sangat aneh loh. Berikut pembahasan mengenai beberapa fakta unik mengenai pluto yang perlu anda ketahui :

1. Pluto dulunya berukuran raksasa
Ketika Pluto ditemukan oleh astronaut asal Amerika bernama Clyde Tombaugh pada 1930, Pluto awalnya diyakini lebih besar dari Merkurius dan mungkin lebih besar dari bumi. Sekarang para astronom tahu bahwa jaraknya sekitar 1.455 mil (2.352 kilometer), kurang dari 20 persen sebesar Bumi dan Pluto hanya 0,2 persen dari ukuran bumi.

2. Cara mengorbit yang aneh
Pluto memiliki orbit yang sangat elips yang tidak berada di bidang yang sama dengan orbit delapan planet lainnya. Rata-rata Pluto mengelilingi matahari pada jarak 3,65 miliar mil (5,87 miliar km) dan membutuhkan 248 tahun mengelilingi matahari.

Orbit yang aneh berarti bahwa selama beberapa tahun pada suatu waktu, orbit Pluto tumpang tindih dengan orbit Neptunus. Ini membawa Pluto lebih dekat ke Bumi daripada Neptunus, planet kedelapan dari matahari. Namun, jangan khawatir, Pluto dan Neptunus tidak akan bertabrakan.

3. Pluto adalah planet yang dingin
Karena begitu jauh dari matahari, Pluto adalah tempat terdingin di tata surya, dengan suhu permukaan sekitar minus 375 derajat Fahrenheit atau sekitar -225 derajat Celsius. Para ilmuwan berpikir Pluto terdiri dari sekitar 70% batuan dan 30% es. Permukaannya didominasi oleh es nitrogen.

Setelah dilihat dari dekat, permukaan Pluto bisa berubah menjadi cryovolcanoes atau geyser yang sangat cair. Lautan bawah tanah raksasa juga bisa ada dan petunjuk keberadaannya dapat disimpulkan oleh geologi atau reaksi kimia dari permukaan Pluto.

Baca Juga : Fakta Menarik Mengenai Planet Neptunus

4. Mempunyai empat satelit
Pluto memiliki empat bulan yang dikenal dengan nama Charon, Nix, Hydra dan satelit kecil yang baru ditemukan bernama P4. Sementara Nix, Hydra dan P4 relatif kecil, Charon sekitar setengah lebih besar dari Pluto. Karena ukuran Charon, beberapa astronom menganggap Pluto dan Charon sebagai planet kerdil ganda.

5. Masih terdapat udara
Meskipun lebih kecil dari Bumi, Pluto memiliki atmosfer tipis yang terdiri dari nitrogen, metana, dan karbon monoksida yang memanjang sekitar 1.860 atau 3.000 km ke ruang angkasa.

Di balik ukurannya yang kecil dan jaraknya yang sangat jauh dari bumi, siapa sangka planet kecil satu ini memiliki beberapa fakta yang cukup menarik.

Related posts