Fakta Bahwa Unta memiliki 3 Kelopak Mata

Fakta Bahwa Unta memiliki 3 Kelopak Mata

Fakta Bahwa Unta memiliki 3 Kelopak Mata – Hewan ini diciptakan mampu menahan panas membakar padang pasir yang bersuhu lima puluh derajat bahkan mampu bertahan diterpaan badai pasir. Unta mampu berjalan jauh dengan hanya sedikit bahan bakar dan sedikit air. Mesin sekalipun tidak mampu menahan kondisi panas dan dalam kondisi yang sulit seperti ini, yang menyebabkan mesin canggih pun akan terbakar dan rusak jika terpapar panas berlebih selama beberapa hari bahkan dalam hitangan jam.

Kelopak mata dan hidung pada unta dapat melindungi terpaan badai pasir

Angin gurun yang muncul tiba-tiba biasanya menjadi pertanda kedatangan badai pasir. Butiran pasir menyesakkan nafas dan membutakan mata. Kelopak mata unta melindungi matanya dari dari debu dan butiran pasir. Namun, kelopak mata ini juga transparan atau tembus cahaya, sehingga unta tetap dapat melihat meskipun dengan mata tertutup. Bulu matanya yang panjang dan tebal khusus diciptakan untuk mencegah masuknya debu ke dalam mata. Terdapat pula disain khusus pada hidung unta. Ketika badai pasir menerpa, ia menutup hidungnya dengan penutup khusus.

Dapat hidup delapan hari tanpa makan dan minum

Unta dapat bertahan hidup hingga delapan hari pada suhu lima puluh derajat tanpa makan atau minum. Ketika unta menemukan sumber air, ia akan menyimpan cadangan air didalam tubuhnya. Unta mampu meminum air sebanyak sepertiga berat badannya dalam waktu sepuluh menit. Ini berarti seratus tiga puluh liter dalam sekali minum; dan tempat penyimpanannya adalah punuk unta.

Gigi dan perut unta dapat mengolah makanan yang tajam dan berduri di padang pasir

Kebanyakan makanan di gurun pasir adalah kering dan berduri. Namun sistem pencernaan pada unta telah diciptakan sesuai dengan kondisi yang sulit ini. Gigi dan mulut binatang ini telah dirancang untuk memungkinkannya memakan duri tajam dengan mudah. Perutnya memiliki disain khusus tersendiri sehingga cukup kuat untuk mencerna hampir semua tumbuhan di gurun pasir.

Baca Juga :

Desain kaki unta dapat menahan bobot berat bahkan dari panasnya padang pasir sekalipun

Salah satu bahaya terbesar bagi kendaraan yang berjalan di gurun pasir adalah terperosok ke dalam pasir. Tapi ini tidak terjadi pada unta, sekalipun ia membawa muatan seberat ratusan kilogram, karena kakinya diciptakan khusus untuk berjalan di atas pasir. Telapak kaki yang lebar menahannya dari tenggelam ke dalam pasir, dan berfungsi seperti pada sepatu salju. Kaki yang panjang menjauhkan tubuhnya dari permukaan pasir yang panas membakar di bawahnya.

Kulit unta melindungi panas di siang hari bahkan dinginnya malam hari di padang pasir

Tubuh unta tertutupi oleh rambut lebat dan tebal. Ini melindunginya dari sengatan sinar matahari dan suhu padang pasir yang dingin membeku setelah matahari terbenam. Beberapa bagian tubuhnya tertutupi sejumlah lapisan kulit pelindung yang tebal. Lapisan-lapisan tebal ini ditempatkan di bagian-bagian tertentu yang bersentuhan dengan permukaan tanah saat ia duduk di pasir yang amat panas. Ini mencegah kulit unta agar tidak terbakar. Lapisan tebal kulit ini tidaklah tumbuh dan terbentuk perlahan-lahan; tapi unta memang terlahir demikian. Disain khusus ini memperlihatkan kesempurnaan penciptaan unta.

Related posts